Senin, 08 April 2019

Memahami Komposisi Fungsi - Matematika Wajib Kelas 10 Kurikulum 2013



Komposisi fungsi merupakan penggabungan dua atau lebih fungsi dengan aturan tertentu. Komposisi fungsi umumnya disimbolkan dengan simbol "$\circ$" yang dibaca : "bundaran". Prinsip komposisi fungsi bisa kita analogikan seperti beberapa mesin untuk memproduksi suatu produk. Misalnya mesin 1 mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi kemudian bahan setengah jadi tersebut diolah oleh mesin 2 sehingga menjadi suatu produk. Dalam contoh tersebut, misalnya banyaknya bahan mentah adalah $x$ diolah oleh mesin 1 sehingga diperoleh bahan setengah jadi mengikuti fungsi $f$ dan diperoleh bahan setengah jadi sebanyak $f(x)$. Bahan setengah jadi sebanyak $f(x)$ kemudian diolah oleh fungsi $g$ sehingga diperoleh suatu produk sebanyak $g(f(x))$. Notasi $g(f(x))$ inilah yang disebut sebagai komposisi fungsi, dapat pula dinyatakan dengan $(g\circ f)(x)$ dibaca: $g$ bundaran $f$. $(g \circ f)(x)$ merupakan komposisi fungsi $g$ terhadap $f$. Untuk lebih jelas, perhatikan gambar di bawah ini:


Syarat Komposisi Fungsi

Fungsi $f$ dan fungsi $g$ dapat di komposisikan menjadi $(f\circ g)(x)$ jika memenuhi syarat: "irisan daerah hasil (range) fungsi $g$ (fungsi pertama) dan daerah asal (domain) fungsi $f$ (fungsi kedua) tidak sama dengan himpunan kosong" atau dapat ditulis $R_g \cap D_f \ne \varnothing$. Dengan kata lain, komposisi dua buah fungsi akan terdefinisi jika terdapat irisan antara daerah hasil fungsi pertama dan daerah asal fungsi kedua.

Contoh:

Diketahui fungsi-fungsi sebagai berikut
$f:\{(1,5),(2,3),(3,4),(4,3)\}$
$g:\{(1,1),(2,3),(6,2)\}$

Selidikilah apakah $(f\circ g)(x)$ dan $(g\circ f)(x)$ terdefinisi?

Jawab:

untuk menyelidiki apakah $(f\circ g)(x)$ terdefinisi atau tidak, kita perlu mengetahui daerah hasil (range) dari $g$ dan daerah asal dari $f$. 

$R_g=\{1, 2, 3\}$
$D_f=\{1, 2, 3, 4\}$
$R_g\cap D_f =\{1, 2, 3\}$

Karena $R_g\cap D_f\ne \varnothing$, maka $(f\circ g)(x)$ terdefinisi

untuk menyelidiki apakah $(g\circ f)(x)$ terdefinisi atau tidak, kita perlu mengetahui daerah hasil (range) dari $f$ dan daerah asalh (domain) dari $g$

$R_f=\{3, 4, 5\}$
$D_g=\{1, 2, 6\}$
$R_f\cap D_g=\varnothing$

Karena $R_f\cap D_g=\varnothing$, maka$(g\circ f)(x)$ tidak terdefinisi

Sifat-sifat komposisi Fungsi

Diketahui $f$, $g$ dan $h$ suatu fungsi dan $I(x)=x$ suatu fungsi identitas. Jika $R_h\cap D_g\ne \varnothing$, $R_g\cap D_f\ne \varnothing$ dan $R_I\cap D_f\ne \varnothing$ maka pada operasi komposisi fungsi berlaku sifat-sifat sebagai berikut:

1. Tidak berlaku sifat komutatif


$g\circ f \ne f \circ g$

2. Berlaku sifat asosiatif


$f\circ (g\circ h)=(f \circ g)\circ h$

3. Berlaku sifat identitas


$f\circ I=I\circ f = f$


Beberapa Contoh Soal dan Pembahasan Komposisi Fungsi

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh soal komposisi fungsi dengan bentuk soal yang variatif terdiri dari soal harian (umum), soal ujian nasional dan soal SBMPTN (soal seleksi masuk PTN) dan beberapa diantaranya masuk kategori soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). 


Contoh 1 (Ujian Nasional 2016 Matematika IPA)

Diketahui $f:R\to R$ dan $g: R\to R$ didefinisikan dengan $f(x)=x^2 -2x-3$ dan $g(x)=x+6$. Fungsi komposisi $(f\circ g)(x)$ adalah ....
A. $(f\circ g)(x)=x^2-2x+3$
B. $(f\circ g)(x)=x^2-2x-9$
C. $(f\circ g)(x)=x^2+10x-21$
D. $(f\circ g)(x)=x^2+10x+21$
E. $(f\circ g)(x)=x^2-10x-21$

Pembahasan:

$\begin{align*}(f\circ g)(x)&=f(g(x))\\&=(x+6)^2-2(x+6)-3\\&=x^2+12x+36-2x-12-3\\&=x^2+10x+21\end{align*}$

Contoh 2 

Diketahui $f(x)=3x-1$ dan $g(x)=2x^2-3$. Komposisi fungsi $(g\circ f)(x)$ adalah ....
A. $9x^2-3x+1$
B. $9x^2-6x+3$
C. $9x^2-6x+6$
D. $18x^2-12x-2$
E. $18x^2-12x-1$

Pembahasan:

$\begin{align*}(g\circ f)(x)&=g(f(x))\\&=2(3x-1)^2-3\\&=2(9x^2-6x+1)-3\\&=18x^2-12x+2-3\\&=18x^2-12x-1\end{align*}$

Contoh 3

Diketahui $(f\circ g)(x)=4x^2+20x+23$ dan $g(x)=2x+5$. Rumus fungsi $f(x)$ adalah ....
A. $x^2-2$
B. $2x^2-1$
C. $\frac{1}{2}x^2-2$
D. $\frac{1}{2}x^2+2$
E. $\frac{1}{2}x^2-1$

Pembahasan:

Misal $2x+5=p$ maka $x=\frac{p-5}{2}$

$\begin{align*}(f\circ g)(x) &=4x^2+20x+23 \\ f(g(x))&=4x^2+20x+23 \\ f(2x+5)&=4x^2+20x+23 \\ f(p)&=4\left(\frac{p-5}{2}\right)^2+20\left(\frac{p-5}{2}\right) +23\\&=4\left(\frac{p^2-10p+25}{4}\right)+10(p-5)+23\\&=p^2-10p+25+10p-50+23\\&=p^2-2\end{align*}$

Jadi, $f(x)=x^2-2$


Contoh 4

Diketahui $(f\circ g)(x)=2x^2+4x+5$ dan $f(x)=2x+3$, maka $g(x)=$ ....
A. $x^2+2x+1$
B. $x^2+2x+2$
C. $2x^2+x+2$
D. $2x^2+4x+2$
E. $2x^2+4x+1$

Pembahasan:

$\begin{align*}(f\circ g)(x)&=2x^2+4x+5\\ f(g(x))&=2x^2+4x+5\\2(g(x))+3&=2x^2+4x+5\\2(g(x))&=2x^2+4x+5-3\\2(g(x))&=2x^2+4x+2\\g(x)&=x^2+2x+1\end{align*}$

Contoh 5 (Ujian Nasional 2017 Matematika IPA)

Diketahui fungsi $f:R\to R$, dan $g:R\to R$ dengan $g(x)=-x+3$ dan $(f\circ g)(x)=4x^2-26x+32$, maka nilai $f(1)$ adalah ....
A. $-5$
B. $-4$
C. $-3$
D. $3$
E. $4$

Pembahasan:

Perhatikan bahwa $(f\circ g)(x)=f\left(g(x)\right)$, untuk mencari nilai $f(1)$ kita perlu membuat $g(x)=1$. 

$\begin{align*}g(x)&=-x+3\\1&=-x+3\\x&=3-1\\x&=2\end{align*}$

Jadi $g(2)=1$

$\begin{align*}f(g(x))&=4x^2-26x+32 \\ f(g(2))&=4(2)^2-26(2)+32\\f(1)&=4(4)-52+32\\&=16-20\\&=-4\end{align*}$

Contoh 6 (Ujian Nasional 2018 Matematika IPA - HOTS)

Untuk menambah uang saku, Didi berniat membantu kakaknya berjualan makanan. Didi akan mendapatkan uang saku berdasarkan jumlah makanan yang terjual pada hari tersebut dengan fungsi $P(x)=1.000x+200$, dengan $P$ adalah uang saku dalam rupiah dan $x$ adalah jumlah makanan yang terjual. Ternyata, jumlah makanan yang terjual tergantung pada waktu yang digunakan Didi untuk berjualan dengan $x=f(t)=3t+2$, dengan $t$ adalah waktu dalam jam. Uang saku yang diperoleh Didi jika ia berjualan selama 3 jam suatu hari libur adalah ....
A. Rp11.500,00
B. Rp11.200,00
C. Rp10.500,00
D. Rp10.200,00
E. Rp9.500,00

Pembahasan:

$\begin{align*}P(f(t)))&=1.000(3t+2)+200\\&=3.000t+2.000+200\\&=3.000t+2.200\end{align*}$

untuk $t=3$

$\begin{align*}P(f(3))&=3.000(3)+2.200\\&=9.000+2.200\\&=11.200\end{align*}$


Contoh 7 (SBMPTN 2016 Kode 317)

Perhatikan tabel berikut



Maka $(f\circ g)(1)+(g\circ f\circ g)(2)=$ ....
A. $-1$
B. $1$
C. $2$
D. $3$
E. $5$

Pembahasan:

Dari tabel kita peroleh:
$g(1)=0$,  $f(0)=1$,  $g(2)=1$,  $f(1)=3$, dan $g(3)=2$

Maka:
$\begin{align*}(f\circ g)(1)+(g\circ f\circ g)(2)&=f(g(1))+g(f(g(2)))\\&=f(0)+g(f(1))\\&=1+g(3)\\&=1+2\\&=3\end{align*}$

Minggu, 31 Maret 2019

Download Pembahasan SIAP UNBK 2019 Matematika IPA Seri HOTS m4thlab



Beberapa waktu yang lalu, m4thlab telah membagikan soal prediksi UNBK atau biasa kami sebut soal SIAP UNBK 2019 seri HOTS yang memuat beberapa soal Higher Order Thinking Skills. Sebenarnya kunci jawaban untuk soal tersebut sudah kami bagikan pula pada akun instagram kami dan juga Fans Page Facebook kami, bahkan untuk soal tipr HOTS nya sudah kami bahas pada channel youtube m4thlab.

Pada hari ini 1 April 2019, yang merupakan H-1 pelaksanaan UNBK SMA pelajaran matematika, kami akan membagikan pembahasan soal SIAP UNBK 2019 seri HOTS. Pembahasan inidengan sengaja baru kami posting sekarang dengan tujuan agar adik-adik berusaha terlebih dahulu untuk menemukan jawabannya sendiri.

Baiklah, berikut inilah soal dan pembahasan SIAP UNBK 2019 Seri HOTS:



Download


Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika


Sabtu, 30 Maret 2019

Download Soal dan Pembahasan USBN 2019 Matematika Wajib Soal Anchor




Pada postingan sebelumnya, m4thlab sudah membagikan soal lengkap dengan pembahasan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) Tahun 2019 Matematika Pemintan khusus soal anchor. Jika ingin men-download pembahasan USBN 2019 matematika peminatan tersebut seilakan klik di sini

Pada postingan sekarang, kami akan membagikan soal dan pembahasan USBN 2019 Matematika Wajib soal anchor. Karena soal USBN matematika wajib dan matematika peminatan jumlah butir soal nya sama, yaitu 35 butirsoal yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian, maka jumlah soal anchor-nya pun sama yaitu 9 butir soal yang terdiri dari 8 soal pilihan ganda dan 1 soal uraian. Hal ini sesuai dengan ketentuan bahwa jumlah butir soal anchor (anchor item) yaitu 25% dari keseluruhan jumlah butir soal. Kenapa kami hanya membahas soalanchornya saja? Karena soal anchor dibuat oleh pusat, jadi secara nasional soal yang 9 butir ini akan sama. sementara 75% lainnya dibuat oleh guru masing-masing (atau mungkin diserahkan ke MGMP/kebijakan tergantung daerah masing-masing) jadi setiap daerah soalnya akan berbeda, karena itu kami hanya membahas soal anchornya saja.

berikut inilah soal anchor matematika wajib (kurikulum 2013)

Soal 1 (Komposisi Fungsi dan Invers Fungsi)

Diketahui fungsi $g(x)=2x+3$ dan $\displaystyle f(x)=\frac{x}{x-2}$ untuk $x\ne 2$. Apabila $(g\circ f)^{-1}(x)$ merupakan invers dari $(g \circ f)(x)$, rumus fungsi dari $(g \circ f)^{-1}(x)$ adalah ....
A. $\displaystyle \frac{-x+3}{2x-2}$, untuk $x\ne 1$
B. $\displaystyle \frac{-x+3}{2x+2}$, untuk $x\ne -1$
C. $\displaystyle \frac{-x+3}{x-1}$, untuk $x\ne 1$
D. $\displaystyle \frac{2x-6}{x-5}$, untuk $x\ne 5$
E. $\displaystyle \frac{2x+6}{x-5}$, untuk $x\ne 5$

Soal 2 (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel)

Rani, Sinta, Tati, dan Uci berbelanja di sebuah toko buah. Rani membeli 2 kg salak, 1 kg jeruk, dan 2 kg apel dengan harga Rp140.000,00. Sinta membeli 2 kg salak, 2 kg jeruk, dan 1 kg apel seharga Rp115.000,00, sedangkan Tati membayar Rp165.000,00 karena membeli 1 kg salak, 3 kg jeruk, dan 2 kg apel. Jika Uci ingin membeli 2 kg jeruk dan 3 kg apel, jumlah yang harus dibayar Uci adalah ....
A. Rp200.000,00
B. Rp175.000,00
C. Rp165.000,00
D. Rp150.000,00
E. Rp135.000,00

Soal 3 (Aplikasi Turunan)

Grafik fungsi $f(x)=x^3+x^2-5x+7$ turun pada interval ....
A. $-\frac{5}{3}\lt x\lt 1$
B. $-1\lt x\lt \frac{3}{5}$
C. $x\lt -\frac{3}{5}$ atau $x\gt 1$
D. $x\lt -1$ atau $x\gt \frac{5}{3}$
E. $x\lt -1$ atau $x\gt -\frac{3}{5}$

Soal 4 (Aplikasi Turunan/Fungsi Kuadrat)

PT. Cipta Kreasi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi souvenir berbahan timah. Bagian pengawasan mutu produk PT Cipta Kreasi mencatat persentase produk tidak cacat yang diproduksi perjamnya mengikuti fungsi $f(x)=82+8x-x^2$, dengan $x$ menyatakan banyaknya produk (dalam lusin). Pernyataan berikut yang benar adalah ….
A. Jumlah souvenir yang harus diproduksi agar persentase produk tidak cacat perjamnya mencapai maksimum adalah 16 lusin
B. Jumlah souvenir yang harus diproduksi agar persentase produk tidak cacat perjamnya mencapai maksimum adalah 8 lusin.
C. Perusahaan dapat menekan persentase produk tidak cacat yang diproduksi perjamnya menjadi 100%.
D. Persentase produk tidak cacat maksimum perjamnya adalah 98%.
E. Persentase produk tidak cacat maksimum perjamnya adalah 100%.

Soal 5 (Dimensi Tiga/Bangun Ruang)

Diketahui kubus $ABCD.EFGH$ dengan panjang rusuk 10 cm. Jarak titik $F$ ke garis $AC$ adalah ....



A. $10\sqrt{3}$ cm
B. $10\sqrt{2}$ cm
C. $5\sqrt{6}$ cm
D. $5\sqrt{5}$ cm
E. $5\sqrt{2}$ cm

Soal 6 (Trigonometri)

Sebuah tangga disandarkan pada dinding rumah. Panjang tangga adalah 2,4 m dan jarak antara dinding dasar tangga adalah 120 cm. Besar sudut yang dibentuk oleh tangga dengan tanah adalah ....
A. $15^\circ$
B. $30^\circ$
C. $45^\circ$
D. $60^\circ$
E. $90^\circ$

Soal 7 (Permutasi)

Seorang kolektor seni akan memberi kode pada masing-masing barang koleksinya. Ia akan menyusun kode yang terdiri dari kuruf K dan empat angka dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 dengan tidak ada angka yang berulang. Banyak kode yang dapat dibuat kolektor tersebut adalah ....
A. 240 kode
B. 360 kode
C. 420 kode
D. 720 kode
E. 840 kode

Soal 8 (Peluang)

Tim cerdas cermat beranggotakan 3 orang akan dipilih secara acak dari 7 siswa kelas X dan 4 siswa kelas XI. Peluang terbentuknya tim yang ketiga anggotanya dari kelas X adalah ....
A. $\frac{21}{33}$
B. $\frac{18}{33}$
C. $\frac{15}{33}$
D. $\frac{10}{33}$
E. $\frac{7}{33}$

Soal 9 (Deret Geometri)

Sebuah lingkaran dipotong menjadi 5 buah juring yang sudut-sudut pusatnya membentuk barisan aritmetika. Diketahui bahwa sudut pusat terbesarnya adalah tiga kali sudut pusat terkecil. Tentukan besar sudut pusat terkecil dari juring tersebut! Buatlah langkah penyelesaiannya!

dan berikut ini pembahasan soal USBN 2019 anchor di atas. Link download kami sediakan di bawah preview.





Download

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika


Jumat, 29 Maret 2019

Download Soal dan Pembahasan USBN 2019 Matematika Peminatan Soal Anchor




Sebagaimana telah kita ketahui, 25% soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) soalnya dibuat oleh pusat yang disebut sebagai soal anchor (anchor item). Sementara 75% sisanya soal dibuat oleh guru. Jadi untuk soal USBN matematika yang terdiri dari 35 butir soal meliputi 30 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian, terdapat 9 butir soal yang merupakan soal anchor. Pada kesempatan ini, m4thlab akan membagikan pembahasan soal USBN tahun 2019 kurikulum 2013 matematika peminatan khusus soal anchor, soal-soal ini secara nasional sama / diujikan disetiap sekolah SMA / MA yang sudah menggunakan kurikulum 2013.

Lihat juga : Pembahasan USBN 2019 Matematika Wajib Anchor

Sebelum saya bagikan link download pembahasannya, berikut ini soal-soal anchor USBN 2019 Matematika peminatan:

Soal 1 (Logaritma)

Return adalah keuntungan dari suatu investasi. Sebagai contoh, jika investasi berupa tabungan di bank, return adalah bunga bank; jika investasi berupa kepemilikan saham pada suatu perusahaan, return dapat berupa kenaikan harga saham maupun hasil bagi keuntungan perusahaan. Jika return yang diperoleh diinvestasikan kembali, berlaku hubungan berikut:

$1+R=(1+r)^t$

dengan $R$ adalah return selama jangka waktu t, dan adalah tingkat return per-unit waktu.

Ayah berinvestasi pada suatu perusahaan sebesar Rp10.000.000,00 dengan return  per tahun. Saat pembagian keuntungan di tiap akhir tahun, Ayah menginvestasikan kembali keuntungan tersebut. Di akhir tahun ke-$t$, investasi ayah di perusahaan tersebut bernilai Rp15.200.000,00 (pembulatan ke ratusan ribu terdekat). Diketahui $\log{1,52}=0,18$ dan $\log{1,15}=0,06$ . Nilai t adalah ....
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6

Soal 2 (polinomial/ suku banyak)


Diketahui $(x-1)$ salah satu faktor dari persamaan suku banyak $x^3-2x^2-5x+b=0$. salah satu faktor lainnya adalah ....

A. $x-3$
B. $x-2$
C. $x+1$
D. $x+3$
E. $x+6$

Soal 3 (Limit Fungsi Trigonometri)


Nilai $\displaystyle \lim_{x\to 0}\frac{\sin{8x}+\sin{4x}}{2x(\cos{12x}+\cos{8x})}=$ ....

A. $-3$
B. $\displaystyle-\frac{3}{10}$
C. $\displaystyle\frac{1}{5}$
D. $\displaystyle\frac{3}{10}$
E. $3$

Soal 4 (Turunan)


Suatu mesin diprogram untuk menggerakkan sebuah alat penggores sedemikian hingga posisi alat tersebut dinyatakan dengan $x=3\cos{4t}$ dan $y=2\cos{3t}$ (posisi dalam cm dan waktu $t$ dalam satuan detik). Kecepatan gerak alat penggores pada saat $t$ dinyatakan dengan $v=\sqrt{\left(\frac{dx}{dt}\right)^2+\left(\frac{dy}{dt}\right)^2}$ dalam satuan cm/detik. Besar kecepatan gerak alat tersebut saat $t=\frac{\pi}{2}$ adalah ....

A. $2$ cm/detik
B. $\sqrt{13}$ cm/detik
C. $6$ cm/detik
D. $6\sqrt{5}$ cm/detik
E. $12$ cm/detik

Soal 5 (Persamaan Trigonometri)


Himpunan penyelesaian persamaan $\sin(3x+30^\circ)=\frac{1}{2}\sqrt{2}$ pada interval $0^\circ\leq x \leq 180^\circ$ adalah ....

A. $\{5^\circ, 35^\circ\}$
B. $\{5^\circ, 125^\circ\}$
C. $\{5^\circ, 35^\circ, 65^\circ, 95^\circ\}$
D. $\{5^\circ. 35^\circ, 125^\circ, 155^\circ\}$
E. $\{5^\circ, 35^\circ, 95^\circ, 155^\circ\}$

Soal 6 (Trigonometri)


Diketahui segitiga $ABC$ siku-skiu di $B$. Jika $\sin{A}.\sin{C}=\frac{1}{10}$ dan $\sin(A-C)=\frac{2}{5}x$, nilai $x$ yang memenuhi adalah ....

A. $-2$
B. $-\frac{1}{2}$
C. $\frac{1}{4}$
D. $\frac{1}{2}$
E. $2$

Soal 7 (Vektor)


Diketahui $\vec{a}=-2\hat{i}+3\hat{j}=\hat{k}$ dan $\vec{b}=4\hat{i}+4\hat{j}+m\hat{k}$. Jika panjang proyeksi vektor $\vec{a}$ pada $\vec{b}$ adalah $\displaystyle\frac{1}{3}$, nilai $m$ yang memenuhi adalah ....

A. $-7$
B. $-5$
C. $2$
D. $5$
E. $7$

Soal 8 (Variabel Acak/Peluang)


Sepasang suami istri merencanakan untuk mempunyai 4 orang anak. Jika variabel acak X menyatakan banyak anak perempuan, nilai dari $P(X\leq 2)$ adalah ....
A. $\frac{4}{16}$

B. $\frac{5}{16}$
C. $\frac{6}{16}$
D. $\frac{10}{16}$
E. $\frac{11}{16}$

Soal 9 (Aplikasi Turunan)


Gambar di bawah ini adalah sebuah trapesium $ABCD$ dengan $AD=CD=BC=m$ cm , dan $\angle DAB=\angle CBA =2\alpha$ ($\alpha$ adalah sudut lancip)




Berapakah luas maksimum trapesium tersebut (dalam $m$ cm$^2$)? tuliskan langkah penyelesaiannya.


Pembahasan 9 butir soal anchor USBN 2019 Matematika peminatan tersebut dapat anda download pada link di bawah preview berikut:



Download




Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:

m4th-lab Youtube Channel: 
m4th-lab Facebook Fans Page:
m4th-lab Telegram Channel:
@banksoalmatematika

Download Ribuan Soal lainnya, lihat pada Daftar Isi atau Klik Disini


Semoga bermanfaat.

Minggu, 03 Maret 2019

Download Soal UCUN DKI Tahun 2019 Tahap 2


Beberapa waktu yang lalu kami telah membagikan soal Uji Coba Ujian Nasional (UCUN) SMP 2019 Tahap 1 dari DKI (dapat anda download di sini ). Pada kesempatan ini kami akan membagikan soal UCUN DKI tahap 2 untuk bidang matematika yang terdiri dari dua paket soal.

Soal UCUN banyak dicari, karena memang soal ini mempunyai kualitas yang bagus, disusun sesuai dengan kisi-kisi Ujian Nasional terbaru (Kisi-kisi UN 2019 ) jadi sangat cocok dijadikan sebagai soal latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional 2019.

Berikut ini soal UCUN (Uji Coba Ujian Nasional) Tahap 2 yang dapat anda unduh, link kami sediakan di bawah preview:

Soal UCUN DKI Tahap 2 Matematika Paket A




Download

Soal UCUN DKI Tahap 2 Matematika Paket B






Untuk mendownload file-file soal dan kunci jawaban OSK SMA 2019 semua bidang lomba di atas, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kegagalan silakan coba menggunakan PC/laptop.



Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika


Download Ribuan Soal lainnya, lihat pada Daftar Isi atau Klik Disini


Semoga bermanfaat.

Jumat, 01 Maret 2019

Download Soal dan Kunci Jawaban OSK SMA 2019 Semua Bidang Lomba




Pelaksanaan Olimpiade Sains Tingkat Kota/Kabupaten (OSK) tahun 2019 baru saja selesai dilaksanakan kemarin pada tanggal 27 Februari 2019. Sebanyak 9 bidang mata lomba di ujikan meliputi Matematika, Astronomi, Geografi, Kimia, Biologi, Fisika, Kebumian, Ekonomi dan Informatika. 

Pada kesempatan ini, m4thlab akan membagikan soal dan kunci jawaban Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten/kota tahun 2019 meliputi 9 bidang lomba.  Soal-soal ini dapat anda pelajari sebagai bahan latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi OSK tahun berikutnya. Selain soal OSK 2019, anda juga dapat mendownload soal dan kunci jawaban OSK tahun 2018 semua bidang lomba di blog ini, atau klik link ini

Bagi adik-adik yang kemarin ikut berjuang di Olimpiade (OSK 2019) mungkin penasaran dengan benar atau tidaknya jawaban kalian, sebagai pembanding silakan adik-adik lihat kunci jawaban yang saya bagikan ini.

Soal dan Kunci Jawaban OSK SMA 2019 ini lengkap semua bidang lomba, meliputi Soal dan Kunci Jawaban OSK Matematika 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Fisika 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Kimia 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Astronomi 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Biologi 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Informatika/Komputer 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Ekonomi 2019, Soal dan Kunci Jawaban OSK Kebumian 2019 dan Soal dan Kunci Jawaban OSK Geografi 2019


OSK Matematika 2019


OSK Fisika 2019


OSK Kimia 2019


OSK Biologi 2019


OSK Astronomi 2019


OSK Informatika 2019


OSK Ekonomi 2019


OSK Geografi 2019


OSK Kebumia 2019





Kunci jawaban OSK di atas, merupakan kunci yang digunakan untuk memeriksa hasil OSK kemarin, namun tidak menutup kemungkinan kunci tersebut ada yang keliru/tidak sesuai, 

Untuk mendownload file-file soal dan kunci jawaban OSK SMA 2019 semua bidang lomba di atas, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kegagalan silakan coba menggunakan PC/laptop.



Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika


Download Ribuan Soal lainnya, lihat pada Daftar Isi atau Klik Disini


Semoga bermanfaat.