Kamis, 19 September 2019

Penurunan Rumus Cosinus Jumlah dan Selisih Dua Sudut



Cosinus jumlah dan selisih dua sudut sangat penting untuk kita pelajari terutama untuk menentukan nilai cosinus dari jumlah dua sudut istimewa atau selisih dua sudut istimewa, misalnya jika kita mau mencari nilai dari $\cos{75^\circ}$ atau $\cos{15^\circ}$ kita tidak perlu menggunkan alat bantu hitung (kalkulator), kita dapat menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut.

Rumus Jumlah dan Selisih Dua Sudut

Berikut inilah rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut:
$$\cos{(\alpha+\beta)}=\cos{\alpha}\cos{\beta}-\sin{\alpha}\sin{\beta}\\ \cos{(\alpha-\beta)}=\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta}$$

Penurunan Rumus Cosinus Jumlah dan Selisih Dua Sudut

Mungkin diantara anda ada yang penasaran darimana rumus tersebut diperoleh?. Jika anda adalah seorang pendidik (guru) akan lebih baik jika rumus tersebut tidak langsung diberikan begitu saja, namun arahkan peserta didik (siswa) anda untuk menemukan rumus tersebut (bisa berbantuan LKPD), dengan demikian peserta didik akan lebih memahami konsep dasarnya. Selain itu, konsep yang diperoleh dengan menemukan sendiri akan bertahan lebih lama pada ingatan peserta didik. Berikut ini kami sajikan salah satu cara menemukan (pembuktian) rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut.

Perhatikan lingkaran satuan (berjari-jari 1 satuan) berikut:


Pusat lingkaran berada pada titik koordinat $O(0,0)$. Titik $A$ dan titik $B$ adalah dua titik yang terletak pada lingkaran, misal koordinat titik tersebut adalah $A(x_1, y_1)$ dan $B(x_2, y_2)$. Jarak titik $O$ ke $A$ dan jarak titik $O$ ke $B$ adalah $|OA|=|OB|=r=1$. Sudut yang terbentuk antara $OA$ dan sumbu $x$ adalah $\alpha$ dan sudut yang terbentuk antara $OB$ dan sumbu $x$ adalah $\beta$ serta $\angle{AOB}=\alpha-\beta$ maka kita peroleh:

$\cos{\alpha}=\frac{x_1}{r}=\frac{x_1}{1}=x_1$ dapat kita tulis $x_1=\cos{\alpha}$

$\sin{\alpha}=\frac{y_1}{r}={y_1}{1}=y_1$ dapat kita tulis $y_1=\sin{\alpha}$

$\cos{\beta}=\frac{x_2}{r}=\frac{x_2}{1}=x_2$ dapat kita tulis $x_2=\cos{\beta}$

$\sin{\beta}=\frac{y_2}{r}=\frac{y_2}{1}=y_2$ dapat kita tulsi $y_2=\sin{\beta}$

Selanjutnya, dengan menggunkan konsep jarak antara dua titik yang sudah dipelajari di SMP, kita akan menentukan jarak antara titik $A$ dan titik $B$

$\begin{align*}|AB|&=\sqrt{(x_2-x_1)^2+(y_2-y_1)^2}\\&=\sqrt{(\cos{\beta}-\cos{\alpha})^2+(\sin{\beta-\sin{\alpha}})^2}\\&=\sqrt{\cos^2{\beta}-2\cos{\alpha}\cos{\beta}+\cos^2{\alpha}+\sin^2{\beta}-2\sin{\alpha}\sin{\beta}+\sin^2{\alpha}}\end{align*}$

Berdasarkan identitas trigonometri, kita ketahui bahwa $\sin^2{\alpha}+\cos^2{\alpha}=1$ dan $\sin^2{\beta}+\cos^2{\beta}=1$, maka dari  persamaan di atas kita peroleh

$\begin{align*}|AB|&=\sqrt{1+1-2\cos{\alpha}\cos{\beta}-2\sin{\alpha}\sin{\beta}}\\&=\sqrt{2-2\cos{\alpha}\cos{\beta}-2\sin{\alpha}\sin{\beta}}\\&=\sqrt{2-2(\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta})}\end{align*}$ 

Kita sebut saja persamaan $|AB|=\sqrt{2-2(\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta})}$ sebagai persamaan (1)

Jika juring $AOB$ kira rotasi searah jarum jam sejauh $\beta$ dengan pusat rotasi titik $O(0,0)$, maka $OB$ akan berimpit di sumbu $x$, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:



Misal koordinat titik $A$ setelah di rotasi adalah $A'(x_1', y_1')$ 

$\cos{(\alpha-\beta)}=\frac{x_1'}{r}=\frac{x_1'}{1}=x_1'$ dapat kita tulis $x_1'=\cos{(\alpha-\beta)}$

$\sin{(\alpha-\beta)}=\frac{y_1'}{r}=\frac{y_1'}{1}=y_1'$ dapat kita tulis $y_1'=\sin{(\alpha-\beta)}$

Setelah dirotasi, titik $B$ terletak di sumbu $x$ dengan koordinat $B'(1,0)$

Selanjutnya kita akan mencari jarak antara titik $A'$ dan titik $B'$

$\begin{align*}|A'B'|&=\sqrt{(1-x_1')^2+(0-y_1')^2}\\&=\sqrt{(1-\cos{(\alpha-\beta)})^2+(0-\sin{(\alpha-\beta)})^2}\\&=\sqrt{1-2\cos{(\alpha-\beta)}+\cos^2{(\alpha-\beta)}+\sin^2{(\alpha-\beta)}}\\&=\sqrt{2-2\cos{(\alpha-\beta)}}\end{align*}$

Kita sebut saja persamaan $|A'B'|=\sqrt{2-2\cos{(\alpha-\beta)}}$ sebagai persamaan (2)

Ukuran juring $AOB$ sebelum dan setelah rotasi tidak berubah (rotasi tidak mengubah ukuran), maka $|A'B'|=|AB|$, dari persamaan (1) dan persamaan (2) kita peroleh:

$\begin{align*}|A'B'|&=|AB|\\ \sqrt{2-2\cos{\alpha-\beta}}&=\sqrt{2-2(\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta})}\\ 2-2\cos{(\alpha-\beta)}&=2-2(\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta})\\-2\cos{(\alpha-\beta)}&=-2(\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta})\\ \cos{(\alpha-\beta)}&=\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta}\end{align*}$

Catatan: Jika anda membuka tulisan ini menggunakan smartphone, kemungkinan equation terpotong. Silakan posisikan layar semartphon anda dalam mode landscape atau buka tulisan ini via PC/laptop.

Dari proses di atas, maka kita peroleh bahwa rumus cosinus selisih dua sudut yaitu $\cos{(\alpha-\beta)}=\cos{\alpha}\cos{\beta}+\sin{\alpha}\sin{\beta}$

Untuk memperoleh rumus cosinus jumlah dua sudut, kita hanya perlu mensubstitusi $-\beta$ ke $\beta$ dan perlu diingat bahwa $\cos{(-\beta)}=\cos{\beta}$ dan $\sin{(-\beta)}=-\sin{\beta}$

$\begin{align*}\cos{(\alpha-(-\beta))}&=\cos{\alpha}\cos{(-\beta)}+\sin{\alpha}\sin{(-\beta)}\\ \cos{(\alpha+\beta)}&=\cos{\alpha}\cos{\beta}-\sin{\alpha}\sin{\beta}\end{align*}$

Contoh Penyelesaian Soal

Contoh 1

Tentukan nilai dari $\cos{15^\circ}$

Jawab:

$\begin{align*}\cos{15^\circ}&=\cos{(45^\circ-30^\circ)}\\&=\cos{45^\circ}\cos{30^\circ}+\sin{45^\circ}\sin{30^\circ}\\&=\frac{1}{2}\sqrt{2}.\frac{1}{2}\sqrt{3}+\frac{1}{2}\sqrt{2}.\frac{1}{2}\\&=\frac{1}{4}\sqrt{6}+\frac{1}{4}\sqrt{2}\\&=\frac{1}{4}\left(\sqrt{6}+\sqrt{2}\right)\end{align*}$

Contoh 2

Tentukan nilai dari $\cos{75^\circ}$

Jawab:

$\begin{align*}\cos{75^\circ}&=\cos{(45^\circ+30^\circ)}\\&=\cos{45^\circ}\cos{30^\circ}-\sin{45^\circ}\sin{30^\circ}\\&=\frac{1}{2}\sqrt{2}.\frac{1}{2}\sqrt{3}-\frac{1}{2}\sqrt{2}.\frac{1}{2}\\&=\frac{1}{4}\sqrt{6}-\frac{1}{4}\sqrt{2}\\&=\frac{1}{4}\left(\sqrt{6}-\sqrt{2}\right)\end{align*}$

Demikianlah materi yang dapat kami bagikan pada tulisan sederhana ini, semoga memberikan ilmu baru bagi anda. Jika ada kekeliruan mohon koreksinya, silakan isi kolom komentar.

Sabtu, 07 September 2019

4 Kesalahan yang Sudah Membudaya dalam Matematika, Apakah Anda juga Melakukannya?





Tahukah anda, beberapa istilah atau penggunaan kata yang berkaitan dengan matematika maupun dalam perhitungan yang umum digunakan belum tentu yang benar. Pada tulisan kali ini saya akan memaparkan 4 kesalahan atau kekeliruan yang berkaitan dengan matematika yang umum dilakukan baik dalam penggunaan istilah atau kata maupun dalam perhitungan. Apakah dari keempat kesalahan tersebut ada yang masih anda lakukan sampai saat ini? mari kita simak baik-baik.

Antara Nol dan Kosong

Kesalahan pertama yang sangat umum dan sering kita dengar adalah kesalahan menggunkan kata antara "nol" dan "kosong". Misal dalam menyebutkan nomor kontak 085223 ... masih banyak yang mengatakan "kosong delapan lima dua dua tiga ... ". Contoh lain, di tahun 90-an ada sebuah sinetron super hero berjudul saras 008  biasa dibaca saras kosong kosong delapan. Anda masih ingat dengan sinetron tersebut? (jebakan umur 😂 )

Nol dan kosong memiliki makna yang berbeda nol adalah bilangan yang dilambangkan 0, bilangan tersebut ada, ya nilainya nol. Sementara kosong lebih cenderung menunjukkan sebuah keadaan "tidak ada" atau nihil. Misalnya dalam himpunan, ada yang disebut dengan himpunan kosong yaitu himpunan yang tidak memiliki anggota disimbolkan "$ \{\space\}$" atau "$\varnothing$". Namun, jika suatu himpunan memiliki anggota nol saja tidak dikatakan sebagai himpunan kosong, karena dia memiliki anggota, yaitu nol dapat ditulis $\{0 \}$



Aritmatika atau Aritmetika?

Pernah mendengar kata aritmatika atau aritmetika? ya, pastinya kata tersebut tidak asing untuk kita, bahkan untuk siswa SMP pun saat belajar materi barisan dan deret pastinya tidak asing dengan kata aritmatika atau aritmetika. Menurut anda mana yang benar, aritmatika atau aritmetika?

Saat ini masih banyak yang keliru menggunkan kata aritmatika padahal yang benar adalah aritmetika. Aritmetika adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan dan sifat-sifat bilangan, sering juga disebut ilmu hitung. Pada materi barisan dan deret ada barisan dan deret bilangan yang disebut barisan dan deret aritmetika (disebut juga barisan dan deret hitung) yaitu salah satu jenis barisan dan deret bilangan dimana nilai bilangan (suku) berikutnya merupakan penjumlahan dari nilai (suku) bilangan sebelumnya dengan suatu bilangan tersentu yang disebut beda barisan/deret

Contohnya: 2, 5, 8, 11, ...

Barisan bilangan di atas merupakan contoh dari barisan aritmetika

Semoga setelah melihat tulisan ini anda akan mulai membiasakan menggunakan kata aritmetika ketimbang aritmatika.


Puluhan atau Ratusan dibelakang koma?

Kesalahan umum berikutnya adalah menyebutkan nilai puluhan atau ratusan bahkan ribuan untuk bilangan dibelakang koma. Misalnya untuk nilai $\pi=3,14$ masih ada yang membaca "tiga koma empat belas". Apakah menurut anda hal tersebut benar?

Untuk bilangan dibelakang koma tidak ada nilai satuan, puluhan, ratusan dan sebagainya. Jadi, untuk digit dibelakang koma cara pelapalannya adalah dengan menyebutkan satu persatu bilangan tersebut. Misalnya untuk $\pi=3,14$ kita baca "tiga koma satu empat" bukan "tiga koma empat belas". Contoh lain, $30,213$ dibaca "tiga puluh koma dua satu tiga" bukan "tiga puluh koma dua ratus tiga belas". Jelas kan?


Nilai Akar Kuadrat apakah Positif dan Negatif?


Menurut anda berapakah nilai dari $\sqrt{4}$? apakah $\sqrt{4}=\pm 2$ atau $\sqrt 4=2$

Nilai Akar kuadrat sebuah bilangan yang memenuhi hanya nilai positif saja. Jadi nilai dari $\sqrt 4$ adalah $2$, bukan $\pm 2$. atau untuk akar kuadrat lainnya, misalnya nilai dari $\sqrt 25$ adalah $5$ bukan $\pm 5$. Mungkin anda akan bertanya "Kenapa seperti itu?", "kenapa nilai $\sqrt 4$ bukan $\pm 2$ padahal $2^2=4$ dan $(-2)^2=4$?"

Jawabannya sederha, kita bisa memperhatikan definisi nilai mutlak berikut:
$$\sqrt{x^2}=|x|$$

Misal kita akan menentukan nilai $\sqrt{4}$ sementara kita sudah mengetahui bahwa $2^2=4$ dan juga $(-2)^2=4$. Dengan menggunakan definisi nilai mutlak:

$\sqrt{4}=\sqrt{2^2}=|2|=2$
$\sqrt{4}=\sqrt{(-2)^2}=|-2|=2$

Jadi jelas, dengan definisi nilai mutlak di atas kita peroleh bahwa nilai dari $\sqrt{4}$ adalah $2$, bukan $\pm 2$.

Namun beda halnya ketika kita akan mencari nilai $x$ yang memenuhi persamaan $x^2=4$, maka nilai $x$ yang memenuhi adalah $\pm 2$, kenapa seperti itu?

Kasus menentukan nilai $x$ yang memenuhi persamaan $x^2=4$ berbeda dengan kasus menentukan nilai $\sqrt 4$. Ingat konsep persamaan polinomial, untuk persamaan polinomial berderajat $n$ maka persamaan tersebut memiliki akar (nilai yang memenuhi) sebanyak $\leq n$. Untuk persamaan $x^2=4$ dapat ditulis $x^2-4=0$ memiliki maksimal dua nilai $x$ yang memenuhi, atau dengan cara memfaktorkan kita peroleh:

$\begin{align*}x^2&=4\\x^2-4&=0\\(x+2)(x-2)&=0\end{align*}$
$x=-2$ atau $x=2$

Sekarang coba anda jawab pertanyaan berikut:
1) $\sqrt 49=$ ....
2) Tentukan nilai $x$ yang memenuhi $x^2=49$

Jawab:

1) $\sqrt 49 =7$
2) $x=\pm \sqrt 49 = \pm \sqrt 7$

Baiklah sementara ini dulu yang dapat saya tulis, jika ada kekeliruan pada tulisan ini silakan beri komentar atau jika anda mengetahui kekeliruan umum lainnya silakan tambahkan pada kolom komentar agar kita semua dapat terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik dengan saling mengingatkan.

Semoga bermanfaat, silakan share untuk saling mengingatkan


Senin, 02 September 2019

Kumpulan Soal-soal HOTS Matematika SMP




Saat ini kita memasuki era digital yang dikenal dengan revolusi industri 4.0, pada abad 21 ini tantangan dan persaingan kedepan akan sangat ketat. Terdap[at 4 keterampilan yang diperlukan di abad 21 ini yang dikenal dengan 4C, yaitu communication, collaborative, critical thinking, dan creativity. Penggunaan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai instrumen pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan critical thinking peserta didik sebagai salah satu keterampilan yang diperlukan di abad 21.

Pengertian soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) 

Soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan instumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi dan bukan hanya sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). 

Dalam Taksonomi Bloom yang telah disempurnakan oleh Anderson & Krathwohl (2011) yang terdiri dari: mengetahui (knowing - C1), memahami (understanding - C2), menerapkan (aplying - C3), menganalisis (analyzing - C4), mengevaluasi (evaluating - C5), dan mengkreasi (creating - C6) pada umumnya soal-soal HOTS mengukur ranah C4, C5 dan C6 yaitu menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating) dan mengkreasi (creating).


Karakteristik Soal HOTS

Saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa soal HOTS adalah soal yang sulit atau menganggap "setiap soal sulit adalah soal HOTS", anggapan tersebut keliru. Untuk dapat membedakan antara soal HOTS dan soal bukan HOTS, kita perlu mengetahui karakteristik (ciri-ciri) dari soal HOTS, yaitu:
  • Mengukur kemampuan menganalisis, mengevaluasi atau mencipta (C4, C5 atau C6)
  • Berbasis permasalahan kontekstual (berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari)
  • Tidak algoritmik.
  • Adanya stimulus (dapat berupa gambar, grafik, teks, visualisasi dll)
  • Soal non rutin
  • Membutuhkan pertimbangan dan interprestasi (soal kompleks)
  • Melibatkan banyak kriteria
  • Memungkinkan jawaban diperoleh dari berbagai sudut pandang

Kumpulan Soal-soal HOTS Matematika SMP/MTs

Berikut ini kami sajikan beberapa soal dengan kriteria HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk mata pelajaran matematika tingkat SMP atau MTs:


Materi : Volume

Soal 1

Fatih akan memasukkan buku-buku yang berukuran sama dalam sebuah kotak berbentuk balok seperti pada gambar di bawah ini:

Berapa jumlah buku maksimum yang dapat dimasukkan Fatih ke dalam kotak?

Materi : Himpunan

Soal 2

Persentase banyak peserta lomba peragaan busana yang menyukai warna-warna tertentu ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.

Warna
Persentase
Merah
75%
Hijau
30%
Warna Lain
10%

Banyak persentase yang menyukai warna merah dan hijau adalah:
A. 15%
B. 45%
C. 65%
D. 105%

Materi : SPLDV

Soal 3


Bu Ana dan Pak Budi sedang menyiapkan hadiah untuk lomba Perayaan Hari Kemerdekaan dengan membeli hadiah di toko buku yang sama. Di toko A, Bu Ana membeli 18 buku tulis dan 15 pensil dengan harga Rp120.000,00, sedangkan pak Budi membeli 12 buku tulis dan 20 pensil dengan harga Rp100.000,00. Karena masih kekurangan, bu Ana membeli lagi  10 buku tulis dan 7 pensil dengan membayar Rp61.000,00 dan pak Budi membeli lagi 9 buku tulis dan 8 pensil dengan harga Rp60.000,00 di toko buku B. Pernyataan berikut yang benar adalah ....

A. Harga sebuah buku di toko A lebih murah dari harga sebuah buku di toko B

B. Harga sebuah buku di toko B lebih mahal dari harga sebuah buku di toko A 

C. Harga sebuah pensil di toko B lebih murah dari harga sebuah pensil di toko A 
D. Harga sebuah pensil di toko A lebih mahal dari harga sebuah pensil di toko B

Materi : Bangun Datar

Soal 4

Diketahui sebuah tangga yang terdiri dari 14 anak tangga memiliki total ketinggian 252 cm seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini


Berapakah ketinggian masing-masing dari 14 anak tangga tersebut?

Soal 5

Pak Eko akan membuat pagar di sekeliling kebun yang ia miliki dengan bentuk pagar seperti ditunjukkan gambar di bawah ini:


Ia memiliki 4 rancangan, yaitu rancangan A, B, C dan D untuk pemasangan pagar sebagai berikut

Jika kayu yang dimiliki Pak Eko untuk membuat pagar adalah 32 meter (tidak termasuk untuk tiang pagar), maka rancangan mana saja kah yang dapat ia gunakan?

Materi : Kesebangunan

Soal 6 (UNBK SMP 2019)

Sebuah pohon berada di depan gedung mempunyai tinggi 8 m. Pada saat yang sama bayangan gedung berimpit dengan bayangan pohon seperti tampak pada gambar di bawah ini.



Tinggi gedung yang sesuai dengan ukuran tersebut adalah ....
A. 5,30 m
B. 6,25 m
C. 10,00 m
D. 12,00 m

Soal 7 (UN SMP 2016)

"Lebar Sungai"
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu dia menancapkan tongkat pada posisi A, B, C dan D dengan ukuran seperti pada gambar.


Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
A. 11 m
B. 12 m
C. 15 m
D. 16 m

Soal 8 (SN SMP 2016)

Pak Syahebi mempunyai sebidang lahan berbentuk jajargenjang. Sebagian lahan tersebut ditanami sayuran. Disekeliling tanaman sayuran dibuat jalan seperti tampak pada gambar di bawah. Jika lahan dan lahan sayuran sebangun, maka luas jalan adalah ....


A. 200 cm
B. 152 cm
C. 150 cm
D. 136 cm



Materi : Peluang

Soal 9 (UN 2018)

Dalam kantong terdapat lima bola berwarna merah diberi nomor 1 sampai 5, empat bola berwarna kuning diberi nomor 6 sampai 9 dan tiga bola berwarna hijau diberi nomor 10 sampai 12. Sebuah bola diambil secara acak, muncul bola hijau bernomor ganjil dan tidak dikembalikan. Diambil lagi sebuah bola secara acak, muncul bola kuning bernomor prima dan tidak dikembalikan. Jika diambil lagi sebuah bola secara acak, peluang terambilnya bola bernomor prima adalah ....
A. $\displaystyle\frac{1}{4}$
B. $\displaystyle\frac{3}{10}$
C. $\displaystyle\frac{4}{10}$
D. $\displaystyle\frac{3}{4}$

Soal 10 (UN 2016)

Doni diperbolehkan ibunya untuk mengambil satu permen dari sebuah kantong. Dia tidak dapat melihat warna permen tersebut. Banyaknya permen dengan masing-masing warna dalam kantong tersebut ditunjukkan dalam grafik berikut




Berapakah peluang Doni mengambil sebuah permen warna merah?
A. 10%
B. 20%
C. 25%
D. 50%

Materi: Pola Bilangan

Soal 11

Tony dan Mario dua sahabat beda negara. Tony tinggal di Sidney (Australia) dan Mario tinggal di Berlin (Jerman).  Mereka berkomunikasi melalui chat WhatsApp. Tony mengetahui bahwa Mario hanya diperbolehkan menggunkan smartphone oleh orang tuanya sepulang sekolah, yaitu pukul 14:00 waktu Berlin. Untuk menemukan waktu yang cocok untuk melakukan chat, Tony melihat panduan jam dunia dan menemukan hal di bawah ini:


Jam berapakah (waktu Sidney) Tony harus menghubungi mario?

Soal 12

Eko membuka sebuah buku. Ia membuka di bagian awal, halam sisi kiri adalah daftar isi dan sisi kanan adalah halaman 1. Saat membuka di bagian lain, nomor halaman yang tampak jika dijumlah hasilnya 185. Kemungkinan nomor halaman yang dimaksud adalah ....
A. Sisi kiri 90
B. Sisi kiri 92
C. Sisi kanan 89
D. Sisi kanan 91


Materi: Pola SPLDV

Soal 13

Pada peluncuran sebuah roket, tinggi $h$ meter roket setelah $t$ detik diluncurkan dinyatakan dengan $h=xt-yt^2$. 



Tinggi roket setelah 2 detik adalah 40 meter dan tinggi setelah 3 detik adalah 45 meter. Tentukan:
a. Nilai $x$ dan $y$
b. Tinggi roket setelah 5 detik


Demikianlah soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika SMP yang dapat kami bagikan. InsyaAlloh akan kami update. Semoga bermanfaat

Jumat, 02 Agustus 2019

Download Soal SIMAK UI Tahun 2019 Kemampuan Dasar (Naskah Asli / Scan)


Download Soal SIMAK UI 2019 Kemampuan Dasar

Sebelumnya kami telah membagikan soal Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) tahun 2019 kemampuan IPA, dapat anda download di sini

Pada kesempatan ini, kami masih akan membagikan soal Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) tahun 2019, namun yang akan kami bagikan pada kesempatan ini merupakan soal SIMAK UI kemampuan dasar yang terdiri dari; Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Soal ini merupakan soal hasil scan dari naskah asli soal SIMAK UI 2019 yang diujikan pada tanggal 21 Juli 2019, degan format file pdf. Selain soal SIMAK UI 2019, kami juga sudah membagikan soal ujian mandiri seleksi masuk PTN lainnya juga soal UTBK tahun 2019, jika berminat silakan klik link di bawah ini:


Tanpa basa basi lagi, berikut ini soal SIMAK UI 2019 kemampuan dasar dengan format pdf, link download kami sediakan pada bagian bawah preview berikut:




Demikianlah soal SIMAK UI 2019 Kemampuan Dasar yang dapat kami bagikan.

Untuk mendownload file-file di blog ini, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kendala silakan coba menggunakan PC/laptop.

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika



Download Soal SIMAK UI Tahun 2019 Kemampuan IPA (Naskah Asli / Scan)



Pada kesempatan ini kami bagikan soal naskah asli Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) Tahun 2019 kemampuan IPA format pdf yang merupakan file hasil scan soal asli SIMAK UI yang diujikan pada tanggal 21 Juli 2019. Jumlah butir soal 60 butir soal dengan waktu pengerjaan yang diberikan adalah 120 menit. Soal SIMAK UI 2019 kemampua IPA ini meliputi soal-soal:
  • Matematika IPA (15 butir soal)
  • Biologi (15 butir soal)
  • Fisika (15 butir soal)
  • Kimia (15 butir soal)

Berikut ini soal SIMAK UI 2019 Kemampuan IPA:



Download

Demikianlah soal SIMAK UI 2019 Kemampuan IPA yang dapat kami bagikan.

Untuk mendownload file-file di blog ini, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kendala silakan coba menggunakan PC/laptop.

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika



Download Soal UTUL UGM 2019 Matematika Dasar Kode 933



Download soal Ujian Tulis Universitas Gajah Mada (UTUL UGM) Tahun 2019 Matematika Dasar kode soal 933

Bagi adik-adik yang sedang mempersiapkan diri menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) maupun Ujian Mandiri masuk Perguruan Tinggi Negeri seperti UTUL UGM, UM UNDIP, SIMAK UI dan seleksi mandiri lainnya, berlatih dengan cara mengerjakan soal-soal seleksi PTN tahun-tahun sebelumnya merupakan salah satu cara efektif untuk menempa diri agar lebih siap menghadapi seleksi PTN berikutnya. Dengan mencoba soal-soal seleksi PTN yang pernah diujikan kita bisa lebih mengenali tipe dan tingkat kesukaran soal seleksi PTN. Perlu adik-adik adik ketahui soal seleksi PTN berbeda dengan soal Ujian Nasional, baik dari karakter soal maupun tingkat kesukaran, untuk itu sangat penting untuk membiasakan diri berlatih menyelesaikan soal-soal seleksi PTN. Sebelumnya, kami telah membagikan soal UTUL UGM 2019 Matematika dasar Kode 634 yang dapat anda download di sini dan pembahasan UTUL UGM Matematika dasar Kode 634 dapat anda download di sini

Pada kesempatan ini kami akan membagikan soal UTUL UGM 2019 Matematika Dasar Kode 933, meskipun sama-sama soal UTUL UGM Matematika Dasar yang diujikan pada tahun yang sama (2019) namun soal kode 933 sangat jauh berbeda dengan soal UTUL UGM kode 634 yang sebelumnya kami bagikan. Berikut ini beberapa soal yang terdapat pada soal UTUL UGM 2019 matematika dasar kode 933:


Soal Persamaan Kuadarat UTUL UGM 2019 Kode 933:


Salah satu akar persamaan kuadrat $x^2-(3a-5)x+3=0$ adalah tiga kali akar yang lain. Perkalian dari nilai-nilai $a$ yang memenuhi persamaan tersebut adalah ....

A. $-2$
B. $-1$
C. $0$
D. $1$
E. $2$

Soal Pertidaksamaan UTUL UGM 2019 Kode 933:


Jika himpunan penyelesaian pertidaksamaan $\sqrt{x^2-x+1}\leq \sqrt{x+1}$ adalah $\{x | x\text{ bilangan real }, a\leq x \leq b\}$, maka $a+b=$ ....

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Soal Barisan dan Deret UTUL UGM 2019 Kode 933:


Diberikan barisan geometri tak konstan $a, b, c, \cdots$ Jika $abc=27$ dan $9a+b+c=33$, maka $6a+7b=$ ....

A. 39
B. 30
C. 23
D. 18
E. 9

Soal-soal di atas hanya 3 dari 20 butir soal UTUL UGM Matematika Dasar kode 933, untuk sola lengkapnya silakan anda download file berikut:





Download


Demikianlah soal UTUL UGM 2019 Kode 933 yang dapat kami bagikan.


Untuk mendownload file-file di blog ini, pastikan sebelumnya sudah login ke akun gmail atau google drive terlebih dahulu, jika masih mengalami kendala silakan coba menggunakan PC/laptop.

Silakan gabung di Fans Page Facebook, Channel Telegram untuk memperoleh update terbaru, dan Subscribe Channel YouTube m4th-lab untuk memperoleh video pembelajaran matematika secara gratis, untuk mengikuti tautan klik pada tombol di bawah ini:


m4th-lab Youtube Channel: 


m4th-lab Facebook Fans Page:


m4th-lab Telegram Channel:

@banksoalmatematika